24 Februari 2010

net use clear cache

Dalam aktivitas jaringan lokal, kita sering menggunakan fasilitas sharing folder untuk saling bertukar file atau mengambil file dari tempat lain. Sering kali sharing Folder tersebut disertai dengan otentifikasi user dan password. Biasanya sharing tersebut dapat dibuka dengan memanggil \\namakomputer atau \\ipaddress dengan menuliskannya
pada Address bar Windows Explorer.

Jika di linux, dapat dibuka dengan cara yang sama: \\namakomputer atau smb://namakomputer. Fasilitas sharing folder ini memanfaatkan lalulintas pada port 139 dan 445. Untuk OS Linux pastikan setelah membuka samba, pastikan bahwa port tersebut tidak ter blok.

Gambar berikut menunjukkan sistem sharing dengan otentifikasi password. Untuk yang terbiasa menggunakan remember my password maka password akan disimpan di dalam cache. Biasanya jika sampai password otentifikasi itu diganti oleh pemilik komputer, akan menghasilkan pesan kesalahan. Untuk mengembalikan pada kondisi awal, maka password yang tersimpan perlu dihapus. bagaimana cara menghapus cache tersebut?

langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. bukalah Command Prompt
  2. ketikkan : net use seperti
  3. lihat keluaran perintah tersebut, ada berapa item yang muncul? Misal:
    \\192.168.2.68\share
    \\192.168.2.45\direktori
  4. hapuslah item yang ingin anda hapus dengan perintah :net use /delete \\namakomputer\folder
  5. jika ingin seluruhnya di hapus, gunakan net use * /delete

Nah cobalah dibuka kembali share yang error tersebut, maka akan muncul dalam keadaan bersih tanpa user password. Silakan masukkan user password yang terbaru.

or

run

type
cmd
enter

type
rundll32.exe keymgr.dll, KRShowKeyMgr
enter

Silakan Copy Paste